Beranda > TASAWUF (penyucian hati) > KEUTAMAAN MALAM NISFU SYA’BAN

KEUTAMAAN MALAM NISFU SYA’BAN

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Agak telat sebenarnya, tapi ya tidak apa-apa. Daripada tidak sama sekali.

=======================================

Banyak hadits hasan yang dipandang mu’tamad oleh para ulama mengenai keutamaan malam nisfu Sya’ban, di antaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi di dalam “An Nawadir” dan oleh Thabrani serta Ibnu Syahi dengan sanad hasan, berasal dari Aisyah r.a. yang menuturkan bahwa Rasulullah s.a.w. pernah menerangkan, “Pada malam nisfu Sya’ban ini Alah merahmati mereka yang memohon rahmat serta menangguhkan kedengkian orang-orang yang dengki.”

Juga dalam hadits yang lain Rasulullah s.a.w. bersada, “Lima malam yang tidak ditolak di dalamnya doa-doa yaitu: 1. Malam pertama bulan Rajab, 2. Malam nisfu Sya’ban, 3. Malam Jum’at, 4. Malam Idul Fitri, 5. Malam Idul Adha.”

Mengenai doa malam Nisfu Sya’ban yang terkenal itu telah diriwayatkan oleh Abu Syaibah di dalam “Al Mushannif”, dan oleh Abud Dunya di dalam “Ad Du’a”, berasal dari Ibnu Mas’ud r.a. Ibnu Umar r.a.(sahabat Rasulullah) juga mengatakan bahwa, “Seorang hamba Allah yang memanjatkan doa-doa itu (doa nisfu Sya’ban) Allah pasti meluaskan penghidupannya (rizkinya). Ibnu Jarir, Ibnul Mundzir dan At Thabrani meriwayatkan juga hadits tersebut dengan lafadz yang tidak jauh berbeda.

Oleh karena banyaknya riwayat yang mengetengahkan tentang keutamaan malam nisfu Sya’ban maka para ulama salaf telah mengajarkan agar kita untuk bersama-sama menghidupkan malam itu.

Demikian sedikit dari kami semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Marilah kita besarkan syiar-syiar agama ini bersama-sama karena Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam q.s. Al Hajj: 32, “Dan barangsiapa yang mengagungkan syiar-syiar Allah itu sesunguhnya (timbul) dari hati yang taqwa.”

  1. m.zain
    Juni 26, 2012 pukul 12:18 am

    Assaamualaikum, pondokBenarkah malam Nisfu Sya’ban mempunyai fadhilat yang istimewa? Adakah Hadis-hadis mengenainya Hadis yang shahih? Atau Hadis-hadis dhaib? Setahu saya banyak ulamak-ulamak besar menolak fadhilat Malam Nisfu Sya’ban sebagai amalan bid’ah. Kami baru semalam menyiarkan perkara ini dalam Blog kami Pondokrahmat.blogspot.com.Sekian terima kasih.

    • sunnah online
      Agustus 28, 2012 pukul 1:04 pm

      hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi di dalam “An Nawadir” dan oleh Thabrani serta Ibnu Syahi dengan sanad hasan, berasal dari Aisyah r.a. yang menuturkan bahwa Rasulullah s.a.w. pernah menerangkan, “Pada malam nisfu Sya’ban ini Alah merahmati mereka yang memohon rahmat serta menangguhkan kedengkian orang-orang yang dengki.”

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: